Ngeri! Waspadai Konsumsinya, 5 Menu Sarapan Ini Bahayakan Kesehatan Jantung

Foto: Getty Images

Berita
islam
- Sarapan memang penting, namun tak semua makanan cocok dijadikan menu sarapan. Beberapa makanan bahkan berbahaya bagi kesehatan jantung seperti 5 menu ini.

Sarapan tak hanya perlu dilakukan dalam waktu yang tepat, tapi juga pemilihn menunya perlu diperhatikan. Meskipun waktu sarapan sangat sedikit, tetapi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak bisa sembarangan.

Ini karena ada beberapa makanan yang memang tidak baik dikonsumsi saat pagi hari karena bisa menyebabkan efek tertentu. Lebih parah lagi, beberapa makanan bahkan bisa membahayakan kesehatan organ tubuh, salah satunya jantung.

Makanan berlemak yang punya kolesterol tinggi contohnya, itu bisa menjadi penyumbang utama sakit jantung. Salah satu cara untuk menghindari hal tersebut bisa dimulai dengan mengganti menu sarapan.

Merangkum livestrong.com (05/12), ada beberapa sarapan yang sebaiknya dihindari agar terhindar dari risiko penyakit jantung, seperti 5 makanan ini.

1. Daging Olahan Seperti Sosis
Cara memilih sosis halalDaging sosis atau daging olahan lainnya sebaiknya tidak dikonsumsi untuk sarapan karena daging olahan seperti ini penuh dengan lemak jenuh yang bisa meningkatkan kolesterol jahat.

Tak butuh waktu lama untuk menyiapkan menu sarapan yang berbahan dasar sosis, bacon, daging smoked beef, maupun kornet. Ini karena daging tersebut biasanya sudah dikemas sebagai makanan beku yang proses masaknya hanya perlu dipanaskan kembali atau digoreng sebentar.

Meskipun menjadi pilihan menu sarapan yang mudah dan praktis, tetapi menu sarapan seperti ini sebaiknya dihindari karena mengandung banyak lemak jenuh. Jika tubuh mendapat banyak asupan lemak jenuh, ini menyebabkan peningkatan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan meningkatkan risiko penyumbatan arteri hingga beberapa penyakit kronis.

Terlebih, daging olahan seperti ini juga ditambah pengawet yang bisa mengganggu kesehatan dan kekebalan tubuh.

2. Pastry
Pastry seperti croissant rupanya juga tidak baik untuk menu sarapan karena mengandung gula dan lemak tak jenuh yang berbahaya untuk kesehatan jantung. Foto: Instagram

Banyak orang memilih sarapan dengan menu ringan. Selain roti biasa, sebagian orang juga menikmati menu sarapan berupa pastry, seperti croissant.

Meskipun menu ini ringan untuk dijadikan makanan sarapan, tetapi konsumsinya tidak begitu baik bagi kesehatan jantung dalam jangka panjang.

Pastry mengandung lemak jenuh, gula rafinasi, dan ada sebagian yang menggunakan bahan kimia yang bisa menyebabkan peradangan dalam tubuh, ujar Kylene Bogden, RDN, co-founder dari FWDfuel.

Seiring dengan berjalannya waktu, peradangan tersebut secara perlahan bisa merusak arteri pembuluh darah hingga menyebabkan penyakit jantung.

3. Sereal dan Granola yang Mengandung Gula
SerealSereal atau granola yang biasa ditemukan di pasaran sebagian besarnya mengandung gula tinggi yang bisa menyebabkan penyakit jantung. Foto: Getty Images/iStockphoto/beats3

Beberapa sereal maupun granola yang biasa ditemukan di supermarket dipenuhi dengan gula tambahan.

Jika seseorang mengonsumsi terlalu banyak gula, tubuh bisa melepaskan insulin yang menyimpan kelebihannya di sel lemak. Dalam jangka panjang, hal tersebut bisa menyebabkan penambahan berat badan dan resistensi insulin yang merupakan faktor dari peradangan.

Peradangan kronis ini jika dibiarkan bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular, stroke, tekanan darah tinggi, hingga penyakit jantung.

Jika memang ingin konsumsi sereal atau granola, pilih yang memang diproses secara alami tanpa tambahan gula apapun.

4. Yogurt
Yogurt juga sering dijadikan menu sarapan banyak orang karena punya manfaat bagi kesehatan usus dan pencernaan. Tetapi tidak semua yogurt memberikan manfaat seperti itu.

Sama seperti sereal atau granola, yogurt yang sering ditemukan di supermarket juga biasanya dikemas dengan tambahan gula atau pemanis lain. Gula yang berlebihan ini tentunya bisa berpengaruh terhadap kesehatan.

Belum lagi, beberapa yogurt yang dijual punya warna beragam yang berasal dari pewarna buatan. Mungkin itu terlihat menarik tetapi pewarna tidak menambah nilai gizi apapun. Faktanya, menurut penelitian terdahulu, pewarna itu justru berpotensi merusak kesehatan.

Jika masih ingin konsumsi yogurt, lebih baik pilih yogurt asli tanpa tambahan gula atau pewarna apapun.

5. Produk Teh dan Kopi Kemasan
Sebagian orang memilih teh dan kopi sebagai minuman wajib sehari-hari. Ini biasanya diminum di pagi hari ketika sarapan.

Dalam hal ini, tak semua orang menyeduh teh dari daun teh ataupun kopi dari biji kopinya langsung. Ada sebagian dari mereka yang memilih untuk minum teh atau kopi botolan sebagai opsi yang lebih praktis.

Teh maupun kopi kemasan ini bukanlah pilihan yang tepat karena lagi-lagi mereka mengandung gula tambahan berupa sirup jagung fruktosa tinggi.

Bogden mengungkap bahwa minuman atau makanan dengan kandungan sirup jagung fruktosa tinggi dikaitkan dengan penyakit jantung.

Selain itu, gula tambahan juga bisa menyebabkan penambahan berat badan, obesitas, hingga diabetes tipe-2.

Solusi terbaik yaitu dengan konsumsi kopi atau teh yang diseduh sendiri tanpa tambahan pemanis apapun. Jika memang ingin lebih manis, daripada memasukkan gula, lebih baik menggantinya dengan pemanis alami seperti kayu manis maupun madu. (detikhealth)

[beritaislam.org]

Posting Komentar untuk "Ngeri! Waspadai Konsumsinya, 5 Menu Sarapan Ini Bahayakan Kesehatan Jantung"

Banner iklan disini